Berita  

Sufmi Dasco: AKD Baru Aktif Bekerja Mulai 16 Oktober 2024

Sufmi Dasco: AKD Baru Aktif Bekerja Mulai 16 Oktober 2024

JAKARTA, Fraksigerindra.id — Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, memberikan penjelasan terkait proses pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) baru untuk DPR RI periode 2024-2029. Menurutnya, finalisasi pembentukan AKD akan dilakukan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) dan Badan Musyawarah (Bamus) DPR, yang rencananya akan digelar pada hari Senin, 14 Oktober 2024.

“Pimpinan komisi itu kan finalisasi di Rapim dan Bamus, karena pimpinan komisi itu diusulkan oleh fraksi masing-masing,” jelas Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (11/10/2024). Ia menekankan bahwa proses pengusulan pimpinan komisi sepenuhnya berada di tangan fraksi-fraksi yang ada di DPR, yang nantinya akan dibahas dan disetujui dalam forum Rapim dan Bamus.

Sufmi Dasco, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPR Bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam), menyebutkan bahwa setelah proses Rapim dan Bamus rampung, pimpinan AKD yang telah disepakati akan segera dilantik dalam Rapat Paripurna DPR RI yang dijadwalkan berlangsung pada Selasa, 15 Oktober 2024.

“Insya Allah, hari Selasa kami akan paripurnakan, dan Selasa itu juga kami akan secara maraton melantik pimpinan-pimpinan AKD,” ujarnya menambahkan. Dasco juga berharap agar AKD yang baru tersebut dapat langsung efektif bekerja mulai hari Rabu, 16 Oktober 2024. Dengan AKD yang sudah terstruktur, DPR RI diharapkan mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan lebih optimal dalam periode lima tahun ke depan.

Politisi dari Fraksi Partai Gerindra ini menekankan pentingnya pembentukan AKD, karena AKD merupakan bagian integral dalam proses kerja legislatif DPR. AKD mencakup berbagai komisi dan badan yang akan menangani isu-isu strategis serta membantu DPR dalam menjalankan tugas pengawasan, legislasi, dan anggaran.

Source link

Exit mobile version