Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat Wisuda Unhan: Orang yang Rajin dan Cerdas Akan Mampu Bertahan di Era Tantangan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat Wisuda Unhan: Orang yang Rajin dan Cerdas Akan Mampu Bertahan di Era Tantangan

Bogor – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyatakan bahwa masa depan Indonesia di abad ke-21 akan menghadapi berbagai tantangan. Menurutnya, orang-orang yang mampu bekerja keras dan cerdas lah yang akan berhasil dan unggul di masa depan.

“Masa depan bangsa kita di tengah kehidupan modern, kehidupan abad ke-21 adalah masa depan yang penuh tantangan, hambatan, dan rintangan,” ucap Prabowo di hadapan 573 mahasiswa saat menghadiri wisuda Unhan RI di Sentul, Bogor, Senin (12/2).

Meskipun demikian, Prabowo mengakui bahwa banyak peluang dan kesempatan juga tersedia di tengah berbagai tantangan yang dihadapi.

“Sejarah peradaban manusia mengajarkan yang akan bertahan atau survive adalah mereka yang bekerja keras dan cerdas, mereka yang disiplin dan kehendaknya kuat,” lanjut Prabowo.

Menurutnya, manusia yang memiliki kehendak kuat untuk berprestasi dan pintar berinovasi juga akan bertahan di tengah gempuran tantangan zaman.

“Ini adalah ajaran sejarah. Hanya bangsa yang punya anak-anak muda seperti itu (yang membuat) bangsa bisa unggul,” ujar dia.

Berkenaan dengan hal ini, Prabowo mengungkapkan rasa bangganya terhadap tradisi meritokratik yang tumbuh di Unhan RI. Ia menyatakan bahwa kualitas manusia yang bekerja keras dan cerdas merupakan standar kualitas mahasiswa di Unhan RI.

Sepanjang ini, mahasiswa yang dapat belajar di Unhan RI berasal dari berbagai latar belakang sosial. Ada yang berasal dari keluarga petani, pekerja pelabuhan, hingga penjual bakso di pasar.

“Saya minta tradisi ini dipertahankan sekeras-kerasnya,” ungkapnya.

Prabowo juga menegaskan bahwa syarat-syarat untuk menjadi mahasiswa Unhan RI mengacu pada persyaratan di kampus-kampus ternama di luar negeri.

“Karena syarat yang anda lalui cukup tinggi, saya ambil syarat dari universitas terbaik di dunia, saya ambil syarat-syarat dari Harvard, MIT (Institut Teknologi Massachusetts) Stanford. Jadi, saudara perlu bangga,” ujarnya.

Prabowo juga menegaskan bahwa Unhan RI tidak menerima bentuk rekomendasi apapun dari siapapun. Seluruh mahasiswa dinyatakan lolos berdasarkan kemampuan akademik mereka.

Unhan RI hari ini meluluskan 573 mahasiswa yang terdiri dari Doktor (17); Fakultas Strategi Pertahanan (273); Fakultas Manajemen Pertahanan (69); Fakultas Keamanan Nasional (82); Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan (57); serta S1 Fakultas Kedokteran Militer (75). (SENOPATI)

Source link

Exit mobile version