Marsekal Khalid bin Walid: Pedang Pilihan Allah

Khalid bin Walid dianggap sebagai salah satu jenderal terbaik sepanjang sejarah manusia. Peranannya sangat signifikan dalam menjadikan Islam sebagai agama besar. Meskipun sebelumnya ia sempat berperang melawan Islam, setelah memeluk Islam, Khalid memimpin ratusan pertempuran untuk membela agama Islam. Meskipun hampir selalu dalam kondisi kalah jumlah dan menghadapi kerajaan Romawi Timur dan Persia yang memiliki persenjataan lebih baik, Khalid tidak pernah kalah dalam pertempuran. Kepiawaiannya sebagai jenderal perang membuatnya diberi gelar “Pedang Allah” oleh Nabi Muhammad SAW.

Seperti Nabi Muhammad SAW, Khalid lahir di Mekkah dan berasal dari bangsa Quraish. Ayahnya, Walid bin Mughirah, merupakan seorang saudagar Quraish ternama. Awal karir Khalid dimulai dengan berperang melawan Islam, namun setelah memeluk Islam, ia menjadi pemimpin dalam banyak pertempuran demi membela agama Islam.

Menurut Nabi Muhammad SAW, Khalid dianggap sebagai jenderal terbaik sepanjang sejarah karena keberaniannya. Ia membuktikan bahwa pasukan yang unggul secara taktik dapat selalu mengalahkan pasukan yang secara jumlah dan peralatan tempur lebih banyak dan lebih unggul. Misalnya, saat pasukan Khalid dan pasukan Amr Ibn Al-Ash yang berjumlah 10.000 orang berhasil melumpuhkan 50.000 pasukan Romawi Timur di Ajnadayn.

Kehebatan Khalid juga terlihat ketika pasukannya mengepung kota Yerusalem. Meskipun mereka bisa menyerbu, Khalid memilih untuk menunggu hingga pimpinan kota Yerusalem memilih untuk menyerahkan kota secara damai pada pimpinan umat Islam, Khalifah Umar.

Selain itu, Khalid dikenal sebagai seorang pemimpin yang memimpin perang dari depan. Ia selalu ada di tengah-tengah pasukan dan memimpin gerakan-gerakan taktis yang sulit. Ia ikut bersama pasukan saat harus melewati gurun pasir berhari-hari, untuk meningkatkan moril pasukan, hampir semua manuver sulit dilakukan oleh pasukannya.

Dengan rekam jejak seperti ini, Nabi Muhammad SAW memberikan gelar “Pedang Allah” pada Khalid bin Walid. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi semua orang yang ingin mempelajari sejarah pemimpin militer dunia untuk mempelajari rekam kepemimpinan Khalid bin Walid.

Source link