Berita  

RI Bisa Jadi Penentu Harga Nikel Cs Dunia, Ini Buktinya

RI Bisa Jadi Penentu Harga Nikel Cs Dunia, Ini Buktinya


Jakarta, CNBC IndonesiaSenior Vice President Macquarie Group, Dony Setiady mengaku optimis Indonesia bisa menjadi penentu harga nikel di dunia. Alasannya, karena Indonesia memiliki cadangan nikel yang sangat banyak dan memiliki bargaining power tinggi.

“Karena Indonesia miliki 55% global supply nikel, dan bisa sampai 80% di 2030. Jadi bukan tidak mungkin untuk set harga,” kata Dony dalam acara CNBC Indonesia MINDialogue di Jakarta, Kamis (20/06/2024).

Untuk mencapai hal itu lanjut Dony, Pemerintah pun perlu hadir memberikan insentif bagi para pihak yang ingin menjalankan program hilirisasi. Hal ini menjadi momen penting dalam membuat Indonesia jadi penentu harga nikel Dunia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hal serupa juga diungkapkan Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso. Menurutnya, Indonesia bisa menjadi penentu harga mineral kritis dan strategis dunia, seperti nikel, timah, hingga batu bara. Pasalnya, Indonesia memiliki potensi dan cadangan besar dalam pengelolaan mineral strategis dan kritis dunia.

Hendi mengatakan, cadangan nikel Indonesia mencakup 60% dunia yang menjadi penentu industri kendaraan listrik dunia.

“Indonesia memiliki peran penting di masa depan industri EV. Pasarnya 60% dalam supply chain dunia,” kata Hendi ditempat yang sama.

Selain itu, produk turunan yang nikel yang dipakai seperti kobalt juga berperan penting dalam rantai pasok dunia. Apalagi Indonesia memiliki cadangan bauksit dan aluminiumyang signifikan, yang berperan penting pada industri kendaraan listrik di masa depan.

“Sehingga ke depan komponen dari kendaraan listrik ini sudah punya absis, ini potensi yang baik,” ujarnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya

Luhut Sebut AS Tak Bisa Kembangkan Baterai Listrik (EV) Tanpa RI

(dpu/dpu)


Source link

Exit mobile version