Kecap Blitar: Unggulan di Puncak Daftar Dunia

Kecap Blitar adalah salah satu kecap terbaik di dunia. Kecap Blitar telah lama dikenal sebagai Kecap Nomor Satu di Dunia. Hal ini dibuktikan oleh sejarah panjang kecap dari Blitar yang telah diakui kualitasnya.

Pada tahun 1940, Saad Wangsawidjaja mendirikan usaha kecap Maja Menjangan. Saat itu, dia jualan kecap dari pasar ke pasar dengan sepeda ontel. Hingga saat ini, usaha kecap Maja Menjangan sudah diwariskan ke generasi kedua. Meski sempat terjepit oleh merek besar, Maja Menjangan tetap bertahan dan tidak menyerah.

Di Indonesia, kecap sangat akrab dengan lidah orang Indonesia. Setiap daerah dan setiap pabrik memiliki resepnya sendiri dalam pembuatan kecap. Masing-masing kecap memiliki ciri khasnya sendiri tergantung dari bahan baku dan cara pengolahannya.

Kecap manis merupakan produk khas Indonesia. Kecap manis ini memang sangat populer di negeri ini. Banyak merek kecap yang berasal dari berbagai kota di Jawa. Malaysia, di sisi lain, hanya meniru kecap manis dari Indonesia dan tidak memiliki sejarah dalam pembuatannya.

Sumber: Bung Karno dan kecap nomor satu di dunia
Sumber: Kecap nomor satu di dunia